Saturday, September 23, 2017

A Ghost Story 2017 REVIEW

A Ghost Story merupakan sebuah eksplorasi cerita dan konsep penceritaan akan rasa kehilangan, cinta, dan kematian. Diramu dengan sesuatu yang begitu real, tak perlu kata-kata tetapi menampilkan sebuah visual yang menarik perasaan gua dan itu sungguh berat dan dalam.

Menceritakan bagaimana kisah seorang perempuan yang baru saja ditinggal mati suaminya dan sendiri dalam duka yang begitu dalam.

Begitu banyak desas desus, split reviews maybe, dan apalagi kata orang-orang mengenai 7 menit Rooney Mara yang hanya makan pie plus plot yang sungguh lambat. Gua udah ngerasa low feeling about it, tapi setelah gua tonton dan apa yang orang bilang soal 7 menit itu, boom, gua speechless. It’s like, visual cerita yang bener-bener terasa nyata, tanpa harus membeberkan kata-kata banyak, 7 menit begitu lama, yes, gua bener-bener ga tahan melihat how alone is she, setiap sepotong pie yang dia makan, terpancar betul emosi juga lewat sound yang seakan kita begitu dekat dengan sang objek, bagaimana dia bertahan, bagaimana dia berusaha untuk menyingkirkan ingatan bersamanya apalagi akhir cinta mereka yang begitu, ah, bener-bener wow, gua speechless banget. Gua gaada masalah dengan pace yang sungguh lambat dan gua rasa itu bener-bener cocok karena bagaimana membuat para penonton tenggelam dalam rasa kesepian, kehilangan.

Editing film ini menurut gua cukup berani dan emang bagus, view 4:3 ratio yang diambil memang luar biasa indah, belum lagi backsound juga musiknya yang makin membuat gua tak bernafas dengan lega, seakan film ini berhasil membuat gua merasakan apa yang karakter di dalamnya itu rasakan. Koneksi yang betul-betul solid.

Film yang bersifat meditatif diracik dalam konsep artistik yang menurut gua inovatif dan sentimentil untuk orang tertentu. Kisah yang mengambil perspektif dari seorang hantu, memberikan kita sebuah pandangan akan satu-satunya yang akan kita bawa mati, it’s not money, it’s not every material tapi memori yang bukan untuk kita, tetapi untuk orang yang kita tinggalkan. Kemudian tak hanya itu, penyampaian materi mengenai kehidupan, kematian yang saling berkaitan. I just loved this film so much. Film tipe begini bakal tertuju pada orang tertentu karena pemilihan konsep seperti itu, bagi yang tidak biasa bakal nganggap apa yang dilakukan begitu membuang waktu banyak.

RATING:

9.4/10

No comments:

Post a Comment