Sunday, October 8, 2017

ONLY GOD FORGIVES (2013) REVIEW


"amazing spiritual story from nwr with his stylish color and shots, powerful and has great implied substance"

Well, kali ini ada film yang cukup kontroversial apalagi NWR, sang sutradara mendapatkan 'boo' dari beberapa orang tetapi dibalik itu juga, pada pemutarannya di Cannes, dia juga mendapatkan standing ovation.
ㅤㅤ
Well, inilah, Only God Forgives yang dirilis pada 2013. Film yang menceritakan sebuah pembalasan dendam akan saudaranya yang mati tetapi dia dihadapkan pada seseorang yang akan juga memburunya.
ㅤㅤ
Well, basically, gua jujur, masih ada beberapa (ga banyak juga ga sikit) yang belum gua mengerti atau ragu, tetapi gua udah bisa menarik sebuah kesimpulan dan pesan yang disampaikan dari film ini. Semakin lama gua menonton ini, ada saja hal yang bikin gua makin takjub ama film ini.Film ini bisa dinilai dari beberapa sisi;ada yang menilai bahwa film ini style over substance, ada yang mengatakan bahwa ini bagai film eksploitasi dengan balutan seni, dan bahkan menurut gua film ini memiliki gagasan spiritual. well, yang akan lu rasakan saat nonton ini; bosan bagi yang tidak biasa, kebingungan bahkan untuk simpati pada karakternya aja susah karena dangkal karakterisasinya.

Tetapi lu bisa mendalami dan memahaminya lewat aspek yang sangat berperan disini seperti warna, musik juga tindakan yang para karakter lakukan dan salut buat ekspresi Ryan Gosling walau terlihat datar. Gua suka pemilihan warna merah yang tepat, dan gua tetap ke impressed ama musiknya yang kesannya oriental tetapi juga tetap pada style NWR. NWR emang gausah diragukan lagi kalau soal visual apalagi musiknya.

Ada yang bisa lu ambil dari film ini. Memang karakternya terasa dangkal, tetapi lu bisa lihat bahwa ini seperti kisah hubungan antara tuhan (yang memutuskan) dengan manusia (sang pendosa) dimana main character disini merupakan orang yang selalu dihantui rasa bersalah, bahkan takut, dan dia juga dianggap sebagai boneka yang dikontrol oleh iblis lewat bisikan. It's like, dia kaya tersesat gitu,no spoiler, lu cari saja lebih lanjut, intinya hubungan tuhan dengan sang pendosa.Itulah hasil interpretasi gua sejauh ini, dan gua suka sama film ini dan bener-bener mengagumi karya NWR.

RATING 
9.1/10

No comments:

Post a Comment